Kamis, 26 April 2018

Cara atau tips agar guinea pig / marmut tidak takut dan nurut

Berikut ini ada beberapa tips cara mendekati GP :
1. Membangkitkan Rasa Keingintahuan
Dekati GP dengan kondisi pintu kandang tertutup. Berbaring disebelah kandang Gp anda sehingga posisi GP anda berada sejajar didepan mata anda. Diam selama beberapa menit, dan tirukan suara GP anda.Tidak ada GP yang tidak penasaran dengan suara GP lain, sehingga ia akan mendekati Anda dan mulai mengendus Anda dari dalam kandang. Rasa keingintahuannya telah muncul. Ulangi proses ini selama 2-3 hari kedepan.

2. Treat untuk menyogoknya
Sekarang buka pintu kandang GP anda dengan menggunakan 1 tangan, sambil memegang makanan misalnya wortel. Kemudian gosokan tangan anda ke bedding dikandang GP, hal tersebut akan mempermudah komunikasi kontak pertama ke GP anda karena sekarang anda memiliki bau yang serupa dengan GP anda. Genggam makanan diatas GP anda sambil memanggil namanya perlahan. Sambil menarik keluar makanan sambil membisikan suara “baguuus”, suara yang diucapkan perlahan akan membantu GP untuk rileks. Lanjutkan usaha ini hingga GP anda mau mendekati anda dengan mudah.
3. Mengajak GP keluar kandangnya untuk pertama kali
Sejauh ini GP sudah mengenali cara berkomunikasi yang positif dengan anda. Kepercayaan ini dapat diperkuat lebih lanjut. Buatlah semacam jembatan sehingga GP anda dapat keluar kandang dengan mudah. Bujuk GP anda untuk keluar kandang dengan sayuran, dan biarkan GP anda menggigit makanan ketika GP anda sudah setengah keluar dari kandang. Anda juga dapat membujuk GP kembali kekandang dengan menggunakan cara yang sama. Teruslah mengulangi latihan ini selama beberapa waktu.
4. Tidak Lagi Malu-malu
Apabila langkah tersebut dilakukan berulang-ulang, cobalah untuk mengelus-ngelusnya secara perlahan.Jika GP anda membiarkan anda mengelus-elus dagunya berarti dia sudah merasa nyaman. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati. Teman baru anda menikmati kasih sayang anda. Sekarang anda dapat berusaha untuk membelai bagian belakang dengan jari anda. Lakukan berulang-ulang secara perlahan hingga GP Anda terbiasa dengan hal ini.
5. Mempererat Hubungan
GP anda yang malu-malu sekarang telah mempercayai anda dan telah memilki keberanian untuk menjelajahi lingkungan sekitarnya. Terkadang GP anda suka beristirahat untuk ngemil. Disaat itu anda dapat melihat bagaimana rasa ingin tahu GP anda muncul. Pastikan GP anda dapat kembali kekandangnya tanpa kesulitan, karena kandang merupakan tempat dimana GP dapat merasa terlindungi.
6. Benar-benar Nyaman
GP yang cemas kini  telah menjadi dirinya sendiri yang dapat mengatasi situasi baru terhadap lingkungannya dengan lebih baik. Ikatan antara anda dengan GP sekarang lebih kuat sehingga GP anda dapat bermain walaupun Anda berada didekatnya. Ini merupakan suatu hal yang menunjukkan kepercayaan luar biasa dari GP, karena GP hanya mau bermain ketika mereka benar-benar merasa nyaman.
Ingat, proses ini membutuhkan kesabaran dan terkadang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menumbuhkan kepercayaan GP.
Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan :
– Usahakan jangan mengagetkan GP, dekati secara perlahan.
-Jangan berusaha mendisiplinkan GP dengan cara kasar. Anda bisa menggunakan sentilan kecil tetapi jangan pernah menyakitinya. Ingat, GP adalah hewan yang memiliki ingatan yang cukup baik, dan perbuatan buruk Anda mungkin akan membuatnya trauma dan ketakutan(berarti GP Anda akan lebih sulit dekat dengan Anda). Salah satu cara mendisiplinkan GP adalah dengan menggunakan treat. Buatlah GP mengerti dengan cara : apabila dia melakukan hal baik, dia akan mendapatkan sesuatu. Jadi berikan sesuatu apabila GP Anda telah melakukan hal-hal yang baik.

sumber : GPL INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GENETIKA CAVY / GENETIK MARMUT

 Penulis / Narasumber :   Peter dan Sel Herman Caviaria Rusticana Las Cruces, NM Harap dicatat bahwa artikel ini ditulis untuk American...